Berita
Optimalisasi Pelayanan Pengaduan dan Penanganan Perkara dalam Kaitan Perizinan dalam Lingkup Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bandung
Rina Mariana Semua Bidang 839
Sekretaris
DPMPTSP Kota Bandung, Anton Sugiana membuka acara Focus Group Disscussion (FGD)
dengan tema Optimalisasi Pelayanan Pengaduan dan Penanganan Perkara dalam
Kaitan Perizinan dalam Lingkup Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
Kota Bandung, bertempat di Hotel Malaka, Selasa (07/06/22).
Salah
satu sub sektor dari pelayanan publik adalah pelayanan pengaduan sebagai bentuk
ruang partisipasi masyarakat dalam wujud pengawasan konstruktif dan upaya
membangun kepercayaan masyarakat pada pemerintah.
Urgensi
dari pelayanan pengaduan sebagai bagian penting untuk meningkatkan kualitas
layanan masyarakat didasarkan kepada 3 (tiga) alasan, yaitu untuk memenuhi hak
masyarakat akan pelayanan publik yang optimal, sebagai bahan evaluasi dan
perbaikan terhadap pelayanan publik dan sebagai media pemerintah untuk
memberikan jawaban atas keluhan masyarakat.
Dalam
sambutannya, Anton mengatakan bahwa FGD ini bertujuan untuk terciptanya
kesamaan persepsi dan kolaborasi antar pemangku kepentingan (Stake Holder)
terhadap penanganan pengaduan khususnya terkait perizinan serta memberikan
pemahaman adanya potensi permasalahan hukum yang akan bermuara kepada adanya
penanganan perkara terhadap sektor perizinan.
“Kami membutuhkan koreksi, saran dan pendapat sehingga kami mampu mengoptimalkan pelayanan pengaduan khususnya terkait penanaman modal dan perizinan.” Ujar Anton.
Acara dihadiri oleh perwakilan OPD di Kota Bandung, pimpinan organisasi dan pimpinan asosiasi di Kota Bandung. Dengan narasumber Yohannes Purnomo Suryo Adi (Hakim Pengadilan Negeri Bandung), Sartika Dewi, S.H., M.Tr.A.P, C.L.A (Kepala Keasistenan Pengaduan Masyarakat Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat) dan Jimmy Claus Pardede, S.H., M.H. (Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara Bandung).
Beragam informasi
dan pemahaman yang disampaikan dalam FGD ini diharapkan dapat memberikan dampak
positif dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.