09 Jun 2022

Optimalisasi Pelayanan Pengaduan dan Penanganan Perkara dalam Kaitan Perizinan dalam Lingkup Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bandung

Rina Mariana Semua Bidang 178

Sekretaris DPMPTSP Kota Bandung, Anton Sugiana membuka acara Focus Group Disscussion (FGD) dengan tema Optimalisasi Pelayanan Pengaduan dan Penanganan Perkara dalam Kaitan Perizinan dalam Lingkup Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bandung, bertempat di Hotel Malaka, Selasa (07/06/22).

 

Salah satu sub sektor dari pelayanan publik adalah pelayanan pengaduan sebagai bentuk ruang partisipasi masyarakat dalam wujud pengawasan konstruktif dan upaya membangun kepercayaan masyarakat pada pemerintah.

 

Urgensi dari pelayanan pengaduan sebagai bagian penting untuk meningkatkan kualitas layanan masyarakat didasarkan kepada 3 (tiga) alasan, yaitu untuk memenuhi hak masyarakat akan pelayanan publik yang optimal, sebagai bahan evaluasi dan perbaikan terhadap pelayanan publik dan sebagai media pemerintah untuk memberikan jawaban atas keluhan masyarakat.

 

Dalam sambutannya, Anton mengatakan bahwa FGD ini bertujuan untuk terciptanya kesamaan persepsi dan kolaborasi antar pemangku kepentingan (Stake Holder) terhadap penanganan pengaduan khususnya terkait perizinan serta memberikan pemahaman adanya potensi permasalahan hukum yang akan bermuara kepada adanya penanganan perkara terhadap sektor perizinan.


“Kami membutuhkan koreksi, saran dan pendapat sehingga kami mampu mengoptimalkan pelayanan pengaduan khususnya terkait penanaman modal dan perizinan.” Ujar Anton.


Acara dihadiri oleh perwakilan OPD di Kota Bandung, pimpinan organisasi dan pimpinan asosiasi di Kota Bandung. Dengan narasumber Yohannes Purnomo Suryo Adi (Hakim Pengadilan Negeri Bandung), Sartika Dewi, S.H., M.Tr.A.P, C.L.A (Kepala Keasistenan Pengaduan Masyarakat Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat) dan Jimmy Claus Pardede, S.H., M.H. (Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara Bandung).


Beragam informasi dan pemahaman yang disampaikan dalam FGD ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.