14 Nov 2022

Workshop Invest Bandung

Rina Mariana Semua Bidang 43

Dalam rangka pengembangan peluang investasi di Kota Bandung, DPMPTSP menyelenggarakan Workshop Invest Bandung, bertempat di Hotel Grand Tjokro, Senin (14/11/22).

 

Hadir memberikan sambutan sekaligus membuka acara tersebut, Kepala DPMPTSP Kota Bandung, Ronny Ahmad Nurudin. Dalam sambutannya, Ronny mengatakan bahwa diperlukan berbagai upaya untuk mempertahankan dan mengembangkan iklim investasi kota yang kondusif, termasuk disesuaikan dengan kondisi pasca pandemi covid 19 saat ini.

 

“Calon investor, baik dalam maupun luar negeri, membutuhkan kemudahan untuk memulai dan mengembangkan usahanya. Salah satu bentuk kemudahan tersebut adalah tersedianya data dan informasi mengenai potensi dan peluang penanaman modal yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengambilan keputusan investasinya,” ujar Ronny.

 

Sejak tahun 2020 hingga tahun 2022, DPMPTSP Kota Bandung mengembangkan sistem informasi potensi dan peluang penanaman modal yang disebut “Invest Bandung”. Untuk lebih memudahkan masyarakat dan calon investor, data dan informasi mengenai potensi dan peluang penanaman modal dalam sistem ini dipilah berdasarkan sektor usaha dan wilayah.

 

Workshop dilakukan secara daring dan luring, dan diikuti oleh peserta yang terdiri dari perwakilan DPMPTSP Kota Bandung, perwakilan dari 30 kecamatan di lingkungan Pemerintah Kota Bandung serta para pelaku UMKM binaan Dinas KUKM dan kecamatan yang hadir secara daring. Workshop tersebut juga dihadiri perwakilan dari Disbudpar dan Dinas KUKM Kota Bandung, serta mengundang tenaga pendamping UMKM dan coworking space.

 

Workshop dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman operator pada kecamatan dan perwakilan pelaku usaha mikro dalam merumuskan rencana pengembangan usaha (business plan/proposal) yang menarik bagi calon investor, serta memahami teknis penginputan data/informasi mengenai business proposalnya dalam sistem invest bandung.

 

Hadir sebagai narasumber, Faris S. Putra (Co Founder Cubic Incubator) dan Habib Akbar Aziiz (Dosen Telkom Univesity, Programmer/ Pengembang Invest Bandung). Di akhir acara, peserta mendapatkan pelatihan dan pendampingan operasional sistem Invest Bandung oleh Tim Konsultan Pengembang Invest Bandung.