07 Dec 2022

Bandung Investment Day 2022

Rina Mariana Semua Bidang 32

DPMPTSP Kota Bandung gelar Bandung Investment Day 2022, bertempat di Hotel Grandia, Rabu (07/12/22). Acara digelar dengan tema “Explore The Investment Opportunity In Bandung City”.

 

Bandung Investment Day (BID) merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan dalam rangka mempererat tali silaturahmi antara stakeholder penanaman modal, yaitu pemerintah sebagai pemangku kebijakan dengan masyarakat selaku pelaksana investasi.

 

BID 2022 ini dihadiri Pimpinan DPRD Kota Bandung, Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal pada Kementrian Investasi (BKPM), DPMPTSP Propinsi Jawa Barat, para pejabat publik di lingkungan Pemerintah Kota Bandung, para pengusaha baik PMA maupun PMDN di Kota Bandung.

 

Pada acara BID 2022 ini, Pemerintah Kota Bandung memberikan apresiasi kepada 3 pelaku usaha Penanaman Modal Asing (PMA) dan 3 pelaku usaha Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan jumlah realisasi investasi terbesar pada tahun 2021, serta memberikan penghargaan untuk 3 Kecamatan yang meraih jumlah Nomor Induk Berusaha (NIB) terbanyak tahun 2021.

 

Peraih penghargaan PMA dengan jumlah investasi terbesar tahun 2021 dari urutan pertama adalah XL Axiata, kedua Kereta Cepat Indonesia China, dan ketiga adalah Gaia Kencana. Kategori PMDN diraih oleh Mahkota Permata Perdana, Bio Farma (Persero) dan Adi Sarana Armada. Adapun kecamatan dengan jumlah NIB terbanyak tahun 2021 adalah Kecamatan Coblong, lalu Kiaracondong dan Batununggal.

 

Selain pemberian penghargaan, pada kesempatan ini pula dilaksanakan pemaparan peluang investasi dari Perumda Pasar Juara Kota Bandung dan Perumda Tirtawening, yang selanjutnya memberikan kesempatan kepada para investor untuk menjajaki lebih dalam lagi atas peluang investasi yang ditawarkan. 

 

Penyelenggaraan Bandung Investment Day ini diharapkan dapat menciptakan iklim investasi yang kondusif di lingkungan Pemerintah Kota Bandung.